Renponsif 3

Friday, December 15, 2017

Ini Dia 3 Waktu Utama Untuk Membaca Ayat Kursi Yang Harus di Ketahui

Sebagaimana yang kita tahu, ayat kursi diketahui dapat melindungi kikita ta dari hal-hal buruk atas izin Allah. Selain itu, bacaan ayat kursi menjadi amalan baik bagi umat manusia agar lebih dekat dengan Sang Maha Pencipta.
Sebuah dalil menterangkan bahwa hanya Allah yang pantas untuk disembah dan Dia akan hidup kekal abadi serta selalu mengurus ciptaan-Nya. Dia tak pernah tidur ataupun mengantuk. Segala yang ada di bumi, langit, bahkan diantara keduanya merupakan milik Allah semata. Tidak ada yang dapat memberikan manfaat kecuali atas izin-Nya. Allah mengetahui segala yang terjadi, baik itu peristiwa secara terang-terangan ataupun sembunyi-bunyi. Jangankan sebuah peristiwa, Allah juga dapat mengetahui apa yang ada di hati dan pikiran kita. Berbeda dengan manusia yang tak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali kehendak-Nya.
Berikut ini merupakan tiga waktu untuk membaca ayat kursi, yaitu:
1. Ketika pagi dan petang
Sebuah hadits menterangkan bahwa barang siapa yang melafalkan ayat kursi pada petang hari maka ia akan dilindungi oleh Allah dari gangguan apapun sampai kemudian pagi hari. Sedangkan, apabila ia melafalkan ayat kursi pada pagi hari maka ia juga akan dilindungi sampai kemudian petang harinya. Amalan ayat kursi akan menciptakan hidup kita lebih tenang sebab dilindungi oleh Rasulullah.
2. Setelah shalat fardhu
Sebuah hadits berisi apabila kita melafalkan ayat kursi setelah shalat fardhu atau shalat lima waktu maka tak ada yang menghalangi kita untuk masuk ke surga. Maksudnya ialah, ketika kita mati dan semasa hidup telah mengamalkan ayat kursi dan membacanya setalah shalat lima waktu maka ia akan masuk ke surga tanpa halangan apapun.
3. Sebelum tidur
Waktu ini diterangkan ketika Abu Hurairah mengadu kepada Rasulullah seputar seseorang yang mengajarkan ayat kursi padanya. Abu Hurairah menterangkan bahwa ada seseorang yang mengaku bahwa ia akan mengajari Hurairah suatu kalimat sesampai kemudian Allah akan memberikan manfaat baginya. Kemudian Rasul bertanya apakah kalimat yang diajarkan. Hurairah menjawab apabila orang tersebut mengatakan bahwa ketika Abu Hurairah akan pergi tidur, maka ia dianjurkan membaca ayat kursi terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Allah akan melindunginya dari setan yang mendekati dan Allah akan selalu menjaganya sampai kemudian pagi hari. Setelah mendengar hal itu, Rasul membenarkan perkataan orang tersebut. Meskipun sebelumnya, ia merupakan seorang pendusta, tenamun apa yang dikatakan pada Abu Hurarah merupakan benar. Lalu, Rasul memberitahu Abu Hurairah bahwa yang mengajarkan kepadanya sedikit waktu lalu merupakan setan.
Sebuah hadits menterangkan bahwa ayat di dalam Al-Qur’an yang paling agung merupakan ayat kursi. Hal ini menunjukkan apabila ayat kursi terdapat keutamaan yang harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sedikit orang cukup masih bingung mengapa ayat kursi terdapat keagungan yang lebih. Imam Nawawi menterangkan bahwa di dalam kalimat ayat kursi, terdapat sifat dan nama Allah yang penting, yaitu sifat ilahi, sifat hidup, wahdaniyah, sifat ilmu, sifat kekuasaan, sifat kerajaan, dan sifat kehendak. Ketujuh sifat dasar itu terkandung di dalam bacaan ayat kursi ini.
Sebagai seorang muslim, sedapat cukup memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk lebih mengingat Allah. Meskipun semua ayat Allah terdapat manfaat, ayat kursi terdapat keutamaan yang dapat kita gunakan sebagai amalan sehari-hari.
Sumber: Kumpulanmisteri.com

Sumber artikel ini dari kisah viral
Ini Dia 3 Waktu Utama Untuk Membaca Ayat Kursi Yang Harus di Ketahui
4/ 5
Oleh