Renponsif 3

Sunday, December 31, 2017

Mitos dan Fakta Kesuburan! Benarkah Haid tak Teratur Sebabkan Sulit Hamil?

Adakah mitos kesuburan yang Anda percayai? Mitos kesuburan berikut ini masih kaya diyakini masyarakat, terutama mereka yang lagi berbisnis punya anak atau mengalami kesulitan untuk punya anak.
Padahal, tak semua mitos tersebut benar adanya. Apalagi apabila dilihat dari segi ilmiah dan medis, kekayaan mitos hanya berasal dari asumsi semata.
Selain mitos tentang haid tak teratur dapat bikin susah punya anak, Anda juga perlu tahu 4 mitos kesuburan seperti dilansir dari theasianparent.com berikut ini.
Berikut ini 5 Mitos dan fakta kesuburan, beserta penterangan kompleksnya:
1. Haid tak teratur susah punya anak
Saat haid, tentu saja perempuan tak ovulasi. Namun bukan berarti mereka yang haidnya tak teratur sulit terdapat anak. Perempuan yang haidnya singkat atau tak teratur tetap dapat punya anak.
Kecuali apabila haid yang tak teratur berkaitan dengan kondisi penyakit yang memengaruhi organ reproduksinya. Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan hal ini.
2. Jima’ setiap hari tingkatkan peluang hamil
Ini merupakan kepercayaan umum yang masih diyakini orang kaya, terutama mereka yang sangat ingin punya anak. Sesampai kemudian berbisnis melakukan hu*bungan se*ks setiap hari sebab percaya hal itu meningkatkan peluang agar dapat hamil.
Faktanya, peluang tinggi untuk hamil terjadi ketika perempuan dalam masa ovulasi di mana sel telur matang dilepaskan dari indung telur. Jadi, apabila perempuan lagi tak dalam masa subur, puluhan kali berhu*bungan se*ks pun tak akan hamil.
Saatnya lebih cermat dalam menghitung masa subur Anda, apabila benar-benar menginginkan kehadiran si buah hati.
3. Pil KB menyebabkan kemandulan
Beberapa orang sampai kemudian kini percaya, bahwa salah satu efek samping pil KB merupakan mengeringkan peranakan. Akibatnya orang tak dapat hamil atau susah hamil setelah minum pil KB. Padahal, efek pil KB akan otomatis berkurang ketika Anda berhenti mengonsumsinya.
Namun, tentu saja Anda harus mengikuti petunjuk dokter dengan cermat. Hal ini untuk menghindari ketakseimbangan hormon yang dapat terjadi apabila pil KB dikonsumsi tak sesuai resep yang disarankan.
4. Kafein bahaya untuk kehamilan
Mereka yang lagi promil biasanya menghindari kopi atau minuman berkafein lainnya, sebab percaya bahwa kafein terdapat efek negatif pada kehamilan. Meski kafein terbuki menciptakan wanita menjadi mudah tersinggung, atau memengaruhi pola tidur, namun kafein tak akan menganggu kesehatan reproduksi sama sekali.
Tentu saja, minum kopi berlebihan tak baik untuk kesehatan. Jadi sebaiknya dibatasi konsumsinya.
5. Posisi yoga yang meningkatkan kesuburan
Melakukan posisi yoga dengan kepala di bawah dan kaki di atas, terutama setelah berjima’, dipercaya akan meningkatkan peluang hamil. Anggapannya posisi ini dapat menciptakan spe*rma bergerak lebih cepat menuju sel telur.
Mereka yang tak dapat yoga terkadang menungging, atau berbaring telentang dengan menyenderkan pinggul ke tembok. Dengan keyakinan yang sama untuk membantu sp*e*rma mencapai sel telur lebih cepat.
Akan tenamun, cara spe*rma berenang untuk mencapai sel telur tak dapat dimanipulasi oleh posisi apapun.
Karena cara kerjanya tak berkaitan dengan gravitasi, jadi apapun posisinya, bila memang spe*rma tak dapat mencapai sel telur, kehamilan tak akan terjadi.
Terlepas dari mitos atau fakta di atas, apabila anda menginginkan momongan tak ada salahnya beriktiar selama itu tak melanggar syariat.
Dan yang paling penting juga merupakan berdoa pada Allah SWT, sebab Dialah yang maha pemberi.
Allah berfirman ” Kepunyaan Allah lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki “(Q.S. Asy – Syura : 49).
Perkayalah istigfar
“Maka aku (Nuh) katakan kepada mereka mohon ampun (istigfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia merupakan maha pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan memkayakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Q.S. Nuh : 10 -12).
Bagi anda yang belum juga dikaruniahi momongan, jangan lelah berbisnis, berdoa dan tetap berikhtiar agar Allah SWT mengabulkan doa Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber:Wajibbaca.com


Sumber artikel ini dari kisah viral
Mitos dan Fakta Kesuburan! Benarkah Haid tak Teratur Sebabkan Sulit Hamil?
4/ 5
Oleh