Renponsif 3

Friday, December 14, 2018

Gambar/Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan Dan Penyakit Pada Ginjal

Gambar/Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal - Ginjal termasuk organ penting bagi manusia. Ginjal pada insan berbentuk ibarat kacang serta berjumlah dua buah yang terletak pada belahan dalam rongga perut belahan belakang agak ke atas di erat tulang belakang. Ginjal sebelah kanan posisinya sedikit lebih rendah dibandingkan ginjal sebelah kiri disebabkan terdesak oleh hati.

Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal  Gambar/Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal

Setiap ginjal umumunya terdapat panjang 6-7,5 cm serta tebal 1,5-2,5 cm. Pada orang remaja beratnya rata-rata pada kisaran 140 gram. Ginjal berfungsi sebagai alat penyaring darah. Ginjal menyaring darah sekaya ±1500 liter per hari, sesampai kemudian ada sedikit zat yang harus dibuang melalui alat pengeluaran (ekskresi). Zat sisa hasil penyaringan darah dari ginjal berupa urine dan dialirkan melalui ureter menuju ke kandung kemih (vesika urinaria), kemudian melalui uretra dikeluarkan dari tubuh.

Struktur Ginjal

Ginjal tersusun atas lapisan luar yang disebut kulit ginjal (korteks renalis) dan lapisan sebelah dalam yang disebut sumsum ginjal (medula). Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis. Struktur ginjal merupakan sbb:

1. Kulit ginjal ( korteks renalis )
Pada belahan inilah proses penyaringan darah dimulai. Kulit ginjal tersusun atas sel-sel ginjal atau nefron yang merupakan penyaring darah. Satu nefron terdiri dari tubuh Malpighi dan tubula. Badan Malpighi terdiri dari glomerulus serta kapsula Bowman. Glomerulus merupakan kumpulan cabang-cabang halus atau anyaman pembuluh darah kapiler di belahan korteks. Adapun kapsula Bowman yaitu lapisan yang melingkupi glomerulus, bentuknya ibarat cawan, dan berdinding ganda.

2. Sumsum ginjal ( medula renalis)
Medula (sumsum ginjal) tersusun atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan tubuh Malpighi serta susukan yang ada di belahan korteks. Medula berbentuk kerucut atau renal piramid. Medula merupakan kawasan berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari kapsula Bowman. Selain itu juga sebagai kawasan terjadinya reabsorpsi dan augmentasi penyaringan darah.

3. Rongga ginjal (pelvis renalis)
Pelvis renalis atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebgai penampung urine sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.


Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal

Ginjal insan sanggup mengalami gangguan lantaran bervagai macam sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal antara lain sebagai berikut:

1. Batu ginjal, penyakit ini terbentuk disebabkan adanya endapan garam kalsium yang maik usang makin mengeras dan membesar. Endapan ini pada mulanya berada di rongga ginjal, kemudian terbawa arus ke urine menuju ureter dan kantong kemih.

2. Gagal ginjal, yaitu kelainan ginjal yang sanggup menimbulkan ginjal tak berfungsi sebagaimana mestinya yakni sebagai alat penyaring darah.

3. Nefritis, yaitu peradangan pada nefron, terutama glomerulus lantaran jerawat kuman Streptococcus.

4. Diabetes insipidus, terjadi lantaran kekurangan hormon ADH (Antidiuretic Hormone). Ciri-ciri penyakit ini merupakan dengan pengeluaran urine yang terlalu kaya.

5. Albuminuria, terjadi disebabkan adnya kerusakan pada filtrasi, yang menimbulkan molekul albumin dan protein keluar bersama urine.

Demikianlah pembahasan perihal bahan struktur ginjal kompleks dengan kelainan dan penyakit pada ginjal. Semoga bermanfaat.
Dirangkum dari buku pelajaran sma, smp
Gambar/Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan Dan Penyakit Pada Ginjal
4/ 5
Oleh