Renponsif 3

Friday, December 7, 2018

Peranan Protozoa Menguntungkan Dan Merugikan Bagi Manusia

Protozoa atau protista seolah-olah binatang terdapat peranan penting dalam kehidupan manusia, baik itu peranan yang menguntungkan ataupun peranan yang merugikan. Kali ini admin akan membahas wacana apa saja rujukan peranan protozoa yang menguntungkan dan rujukan peranan protozoa yang merugikan bagi manusia. Untuk lebih terangnya berikut ini peranan protozoa yang menguntungkan dan merugikan manusia.

Protozoa atau protista seolah-olah binatang terdapat peranan penting dalam kehidupan insan Peranan Protozoa Menguntungkan dan Merugikan Bagi Manusia

Peranan Protozoa yang Menguntungkan Kehidupan Manusia

- Protozoa air tawar dan air bahari merupakan zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bagi binatang air termasuk udang, ikan, kepiting yang secara hemat bermanfaat bagi manusia. Selain itu tugas protozoa lainnya merupakan mengontrol jumlah basil di alam alasannya yakni protozoa merupakan pemangsa bakteri.

- Entamoeba coli: hidup pada usus insan dan hewan, membusukkan sisa makanan dan membantu pembentukkan vitamin K.

- Foraminifera, protozoa kerangkanya yang telah kosong mengendap di dasar bahari membentuk tanah globigerina, yang mempunyai kegunaan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.

- Radiolaria, protozoa yang kerangkanya apabila mengendap di dasar bahari menjadi tanah radiolaria yang sanggup dipakai sebagai materi penggosok.


Peranan Protozoa yang Merugikan Kehidupan Manusia

Protozoa sanggup ditemukan di mana saja alasannya yakni termasuk organisme kosmopolit. Karena itulah sedikit jenis protozoa sanggup mengancam kesehatan insan alasannya yakni sanggup menjadikan penyakit. Bebberapa protozoa yang sanggup merugikan insan sebagai penyebab penyakit diantaranya merupakan:

- Toxoplasma gondii, penyebab toksoplasmosis

- Plasmodium sp, penyebab penyakit malaria

- Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodosiense, penyebab penyakit tidur

- Leishmania sp, penyebab penyakit kala azar

- Trichomonas vaginalis, protozoa penyebab penyakit pada alat kelamin wanita

- Entamoeba histolytica, penyebab penyakit disentri.

- Trypanosoma brucei, penyebab penyakit tidur di Africa

- Trypanosoma evansi, protozoa penyebab penyakit pada binatang ternak, contohnya pada sapi, kambing, dan kuda

- Balantidium coli, penyebab diare

Demikianlah pembahasan materi wacana peranan protozoa yang menguntungkan dan merugikan manusia kompleks yang perlu teman semua ketahui. Semoga bermanfaat.
Dirangkum dari buku pelajaran sma, smp
Peranan Protozoa Menguntungkan Dan Merugikan Bagi Manusia
4/ 5
Oleh