Renponsif 3

Monday, December 25, 2017

Begini Cara Simple Tangkal Mual di Awal Kehamilan

 Perubahan horm0n secara drastis pada tubuh ibu hamil memang menimbulkan sederet keluhan. Salah satu yang paling kerap terjadi merupakan mual hebat, bahkan sampai kemudian muntah berkali-kali. atau yang biasa disebut dengan morning sickness.
Apa sih morning sickness itu? Morning sickness merupakan kondisi dimana seorang ibu hamil mengalami perasaan mual-mual dan ingin muntah yang disertai rasa pusing dan terkadang demam yang biasa terjadi di awal trimester kehamilan. Meski namanya identik dengan kata ‘morning’, perlu Bunda ketahui bahwa kondisi ini dapat terjadi bukan hanya di pagi hari saja, namun juga di siang sampai malam hari.
Biasanya diawali rasa sakit kepala, kemudian mual dan muntah. Kondisi ini sebenarnya akan mereda dengan sendirinya ketika tubuh sudah beradaptasi. Namun ada juga ibu yang merasa mual sampai kemudian jelang persalinan.
Memang kondisi ini tak membahayakan bagi janin inginpun kesehatan Bunda, namun siapa sih yang ingin merasa mual disaat perut lagi lapar? Kondisi ini dapat terjadi oleh siapa saja termasuk Bunda. Namun Bunda dapat mengurangi atau bahkan mengatasi kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat, seperti yang telah kami rangkum dibawah ini. Cobalah 4 langkah mudah berikut, seperti dikutip dari ivansini.com.
1. Konsumsi makanan dingin
Mungkin terdengar aneh namun faktanya makanan yang disaapabilan dingin dapat membantu menghilangkan rasa mual-mual dan pusing di awal kehamilan. Makanan dingin menciptakan indera penciuman ibu yang lebih tajam jadi tak terstimulasi optimal. Aroma makanan pun dapat disamarkan sesampai kemudian tak mudah memicu rasa mual. Dibandingkan disaapabilan dalam kondisi panas, makanan dingin cukup dapat membantu ibu untuk dapat menelan makanan tanpa mual.
2. Crackers
Mual-mual dan rasa ingin muntah dapat terjadi sebab perut yang kosong. Selama tidur semalaman, ibu tak dapat mengkonsumsi apapun dan secara otomatis perut akan kosong. Demi mencegah rasa mual timbul, siapkan crackers sebelum tidur sesampai kemudian ibu dapat langsung mengganjal isi perut keesokan harinya dengan crackers. Sediakan juga di tas yang dibawa bepergian, jangan sampai perut kosong.
3. Makanan dengan karbohidrat tinggi dan kaya serat
Ibu juga dianjurkan untuk memakan makanan yang memiliki kandungan tingkat karbohidrat yang tinggi seperti gandum utuh untuk melawan rasa mual yang mengganggu. Konsumsi juga makanan kaya serat seperti sayuran hijau dan buah yang beraroma segar. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi mual.
4. Lemon
Wangi dan kesegaran yang khas dari lemon dapat membantu menenangkan perasaan mual yang Bunda alami. Bunda dapat meminum secangkir teh lemon di pagi hari, atau dapat Bunda campurkan di air putih biasa. Wangi yang menyegarkan dan tak menyengat pada lemon juga sangat efektif untuk mengatasi rasa mual, sesampai kemudian Bunda dapat juga untuk sekadar memotong kemudian mencium lemon.
Selain mengkonsumsi makanan yang telah kami sebutkan diatas, Bunda juga dapat melakukan sedikit hal inginpun kegiatan yang sangat efektif untuk meredakan atau bahkan menghilangkan rasa mual, seperti kaya tidur dan istirahat, melakukan olahraga ringan seperti stretching, mengenakan pakaian longgar, menjauhi bau-bau yang menyengat, dan meminta Ayah untuk memijat Bunda.
Jika Bunda masih merasa tak nyaman dan tetap terus merasa mual dan pusing yang parah setelah melakukan hal-hal diatas ini, Bunda perlu untuk segera menghubungi dokter dan mencari tahu apa yang lagi terjadi dengan tubuh Bunda, untuk mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan. Selamat mencoba, Bunda! Semoga bermanfaat.
Sumber:Ivansini.com


Sumber artikel ini dari kisah viral
Begini Cara Simple Tangkal Mual di Awal Kehamilan
4/ 5
Oleh