Renponsif 3

Thursday, December 14, 2017

Ini 5+ Manfaat Tersembunyi Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang harus selalu ada dan wajib di deretan rak bahan makanan. Bawang merah menciptakan cita rasa masakan makin sedap, wangi dan gurih. Selain menambah cita rasa makanan, ternyata bawang merah terdapat manfaat dari segi kesehatan.
Bahkan, pada masa lalu, kaya orang – orang tua yang mengonsumsi bawang merah secara langsung atau mengonsumsi ketika masih mentah. Mengutip dari laman care.com, berikut ini merupakan manfaat mengbaikkan bawang merah untuk kesehatan tubuh.
1. Mencegah Kanker
Sebagaimana yang diketahui, penyakit kanker merupakan pembunuh nomor satu di seluruh dunia. Sebagian besar penderita kanker sulit untuk dapat sembuh. Untungnya, di alam sudah terdapat pengobatan tradisional kanker, yaitu mengonsumsi bawang merah.
Ternyata, bawang merah memiliki kandungan senyawa belerang atau yang lebih dikenal dengan sulfur. Kandungan senyawa belerang inilah yang melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya pemicu kanker.
2. Menurunkan Berat Badan
Obesitas atau kelebihan berat badan menimbulkan bermacam penyakit komplikasi. Meskipun, disarankan untuk tetap rutin berolahraga dan mengatur pola makan. Para pelaku diet untuk menurunkan berat badan dapat mengonsumsi bawang merah sekaya 3 sampai 4 butir.
Konsumsi bawang merah setiap hari selama program diet berlangsung. Kromium pada bawang merah akan membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.
3. Menyehatkan Jantung
Masalah penyakit jantung dapat diatasi dengan mengonsumsi bawang merah bukan hal yang asing. Sejak dahulu, bawang merah dikenal terdapat kandungan senyawa asam amino sulfur atau sufida methylallyl. Kandungan senyawa asam amino ini dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sesampai kemudian mengonsumsi bawang merah mentah juga akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil dan normal. Alhasil, peredaran darah akan dapat bersirkulasi dengan baik dan lancar untuk menjaga kesehatan jantung sebagai pemompa darah.
Kesehatan jantung juga sangat berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Pada sebagian masyarakat tanah air, pasien hipertensi juga tak kalah kaya. Setelah mengonsumsi daging seperti sate ayam atau sate kambing, sebaiknya konsumsi bawang merah mentah untuk menjaga kestabilan kolesterol di dalam darah.
4. Mengontrol Diabetes
Membicarakan tentang penyakit diabetes, kekayaan orang Indonesia yang mengonsumsi nasi sebagai bahan makanan pokok tentu sudah tak asing. Sudah kaya anggota keluarga di Indonesia yang meninggal sebab penyakit diabetes.
Pada dasarnya, diabetes sendiri merupakan penyakit akibat menurunnya kadar gula darah di dalam tubuh atau insulin. Padahal, di dalam tubuh insulin sangat penting untuk proses metabolisme. Jika sistem metabolisme tubuh terganggu, akibatnya kaya fungsi syaraf dan organ tubuh yang ikut rusak atau mengalami neuropati. Untungnya, dengan mengonsumsi bawang merah baik mentah atau yang sudah dimasak, gula darah dapat terjaga lebih stabil dari sebelumnya.
5. Masalah Pendarahan
Bagi yang kerap mengalami masalah pendarahan seperti mimisan atau luka, dapat memakai bawang merah. Caranya yaitu menghirup aroma sulfur di dalam bawang merah yang sudah diiris, darah yang keluar akan berhenti. Selain itu, bawang merah juga dapat mengatasi wasir atau ambeien.
6. Mengatasi Radang Tenggorokan
Cuaca yang tak menentu atau musim hujan kerap menyebabkan infeksi ISPA atau radang tenggorokan. Nah, bawang merah cukup ampuh mengatasi radang tenggorokan sebab pergantian musim yang kerap mengganggu aktivitas. Caranya, bawang merah yang sudah diiris dapat dikonsumsi mentah atau dijadikan bahan makanan lain. Sebagaimana burger, omelet dan lainnya.
Nah itulah manfaat dari bawang merah, semoga dapat menambah pengetahuan anda.
sumber : muslimahdaily.com

Sumber artikel ini dari kisah viral
Ini 5+ Manfaat Tersembunyi Bawang Merah Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh