Renponsif 3

Thursday, December 28, 2017

Istri Berhutang Tanpa Sepengetahuan Suami, Bolehkah?

Masalah finansial merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam rumah tangga, sebab tak dapat dipungkiri uang merupakan faktor penting dalam kelangsungan hidup berkeluarga. Sebenarnya, tak melulu harus serba lebih atau dengan kata lain kaya. Asalkan keduanya mampu saling mekompleksi dan menghargai satu sama lain, insya Allah rumah tangga akan selalu damai dan berjalan lancar.
Dalam hal ini Allah telah berjanji untuk memenuhi rezeki setiap manusia darimana pun datangnya. Salah satu contohnya dapat kita lihat dan cukup kita rasakan sendiri. Saat pendapatan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan, Allah selalu memberikan jalan misalnya dengan pinjaman. Hal ini tak dilarang oleh Allah, asalkan kegiatan pinjam meminjam tersebut tak memiliki kandungan riba.
Namun, bolehkan seorang istri meminjam uang tanpa sepengetahuan suami?
Ya, terkadang seorang istri berinisiatif untuk meminjam atau berhutang pada tukang sayur atau tukang perabot keliling. Hal ini tak lain dilakukan istri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Boleh atau taknya seorang istri meminjam atau berhutang tanpa sepengetahuan suami dapat ditentukan tergantung kondisinya.
Boleh, apabila..
Seorang istri dinilai boleh-boleh saja berhutang tanpa sepengetahuan suami, apabila jumlah hutangnya kecil dan mampu ditanggung sendiri. Contohnya, berhutang ke warung, tukang sayur atau kredit perabot rumah yang murah meriah.
Tidak boleh, apabila..
Jika jumlah pinjaman termasuk angka yang cukup besar, apalagi apabila dibutuhkan sesuatu sebagai barang jaminan maka sangat perlu meminta persetujuan suami. Hal ini dilakukan agar apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan dikemudian hari, suami dapat membatu melunasinya.
Selain itu, berhutang dalam jumlah yang cukup besar tanpa sepengetahuan suami berpotensi memunculkan fitnah dan keretakan dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam setiap mengambil keputusan dan utamakan kejujuran kepada pasangan anda.
Semoga Allah menjadikan keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah mawadda warahmah. Aamiin
sumber : beranihijrah.org

Sumber artikel ini dari kisah viral
Istri Berhutang Tanpa Sepengetahuan Suami, Bolehkah?
4/ 5
Oleh