Renponsif 3

Thursday, December 28, 2017

Para Orang Tua Baca Ini..Hati-Hati Jika Anak Selalu Diasuh Pembantu

Tidak jarang kita melihat zaman sekarang kaya para orang tua yang menitipkan anaknya kepada ART alias asisten rumah tangga atau pembantu yang disebabkan sedikit faktor seperti orang tua yang sibuk bekerja atau cukup memang para orang tua yang dengan sengaja menggunakan jasa pembantu untuk meringankan pekerjaan rumah tangganya.
Nah ternyata ada sedikit dampak tersendiri bagi sang anak. Berikut penterangannya.
Anak: “Ma, kenapa mama gak titipin tas berisi uang itu sama bibi (pembantu)?”
Mama: “Soalnya mama gak percaya sama dia.”
Anak: “Terus kenapa adek dititipin sama bibi?”
Mama: “……?”
Dialog singkat tersebut hanyalah sebuah gambaran kecil rasa protes seorang anak sebab setiap hari diasuh oleh pembantu. Memang sudah tak dapat ditolak lagi, keadaan sekarang ini berbeda sekali dengan belasan tahun yang lalu. Saat ini istri sudah kaya yang mencari nafkah demi asap dapur tetap mengepul. Peranan istri dalam kehidupan berumah tangga kerapkali terabaikan, dan salah satu korban yang merasakan penderitaannya merupakan anak.
Pada saat ibu dan ayahnya bekerja, anak kerapkali dititipkan kepada pembantu. Ayah dan ibu mereka sudah pegi untuk bekerja di saat mereka masih terlelap tidur dan pulang ke rumah pun pada saat mereka sudah tertidur. Meskipun cukup ayah dan ibu sempat membelai serta mencium mereka pada saat mereka tertidur pulas, tenamun yang demikian itu tak akan seindah saat mereka bermain, saat mereka terbangun, dan saat-saat mereka merengek ingin dipeluk oleh Anda.

Mungkin selama anak ditinggalkan oleh kedua orang tua, anak mendapatkan makanan yang baik, istirahat yang cukup, tempat bermain yang bagus, tenamun apakah mereka mendapatkan kasih adminng yang cukup? Mungkin jawabannya iya, mereka mendapatkan kasih adminng yang cukup. Tapi, kasih adminng yang mereka dapatkan merupakan kasih adminng seorang pembantu bukan belaian serta kasih adminng ibu dan ayah saat mereka terjaga. Bahkan cukup pembantu yang Anda pilih untuk mengasuh si kecil justru tak memberikan apa yang anak butuhkan sesampai kemudian anak semakin tertekan.
Hal tersebut bukan hanya terjadi pada satu atau dua anak saja, namun sudah lebih dari ratusan anak yang merasakannya. Lalu, apakah yang akan terjadi pada anak bila sudah merasakan hal yang demikian? Jawabannya sudah pasti psikologis anak akan terganggu. Si kecil akan menganggap bahwa orang tuanya tak adminng terhadap mereka, hati mereka akan tersakiti, dan mereka akan menganggap bahwa yang menyayanginya hanyalah pembantu. Sesampai kemudian, ada sebuah kasus pada seorang anak SD seperti pada gambar di atas.
Anda dapat menyimpulkan seperti apakah terganggunya psikologi anak saat mereka kekurangan kasih adminng dan perhatian dari orang tuanya. Dan apakah ayah dan ibu ingin, bila saat tua nanti dititipkan oleh anak Anda ke panti jompo sebab mereka sibuk dengan pekerjaan? Tentunya Anda tak akan ingin. Oleh sebab itu, untuk orang tua terutama seorang ibu, apabila memang Anda harus bekerja maka pandai-pandailah dalam memilih pekerjaan setaknya yang menciptakan Anda masih terdapat waktu untuk mengurus si kecil. Sesampai kemudian, pekerjaan terselesaikan, urusan rumahtangga pun tertunaikan. Semoga bermanfaat.
Sumber: infoanak


Sumber artikel ini dari kisah viral
Para Orang Tua Baca Ini..Hati-Hati Jika Anak Selalu Diasuh Pembantu
4/ 5
Oleh