Renponsif 3

Saturday, December 16, 2017

Penyakit Datang Dari Apa yang Kita Makan, Agar Sehat Ikuti 7+ Adab Makan Rasulullah

Tanpa kita sadari ternyata kebiasaan kita saat makan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Tergesa-gesa, makanan masih panas, sudah kenyang namun dipaksa tetap makan sebab adminng apabila dibuang, makan sambil berjalan atau berdiri.
Sebagaimananya admin kerap melakukan hal seperti itu saat makan, dengan bermacam macam cara makan tersebut tak ada yang baik bagi kita.
Sebagai umat islam ada teladan yang sudah memberikan contohnya bagaimana adab makan yang baik itu, seperti yang Rasulullah SAW berikan.
1. Makanan yang Halal dan Baik
Sebagaimana yang diterangkan dalam firmal Allah SWT : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, apabila benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)
2. Berdoa dan Membaca Basmallah
Dari Ibnu Mas’ud r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,
“Siapa yang lupa untuk menyebut nama Allah ketika memulai makan, maka hendaklah ia mengucapkan saat ingat, ‘Bimillahi fi awwalihi wa akhirhi (Dengan nama Allah di awal dan di akhir makanan).” Maka ia seperti menghadapi makanan baru lagi dan mencegah apa yang baru saja sudah didapat setan.
3. Gunakan Tangan Kanan
Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,
“Jika salah seorang dari sobat semua makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, sebab sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.”
4. Biasakan Saat Minum Tidak Sambil Bernafas
Dari Anas r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bernafas tiga kali ketika hendak minum dan bersabda,
“Sesungguhnya yang demikian itu lebih segar, lebih steril dan lebih memuaskan.”
5. Tidak Makan dan Minum Sambil Berdiri Apalagi Berjalan
Dari Abu Hurairah r.a, Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat seorang lelaki minum sambil berdiri, kemudian bersabda, “Muntahkanlah” Ia berkata, “Kenapa?” Beliau bersabda, “Apakah kamu suka minum bersama seekor kucing?” Ia menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya ikut minum bersama kamu sesuatu yang lebih buruk dari seekor kucing, yaitu setan.”
6. Tidak Berlebihan Dengan Porsi yang Banyak
Dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Tidaklah anak Adam memenuhi bejana lebih buruk dari memenuhi perutnya. Cukuplah bagi bani Adam makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, kalau tak boleh tak (harus memenuhi perutnya) hendaklah 1/3 (perutnya) untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 lagi untuk nafasnya.”
7. Tata Cara Makan Rasulullah
Dari Anas r.a, apabila Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam makan beliau menjilati ketiga jarinya. Anas berkata, “Rasulullah bersabda, “Jika suapan sobat semua terjatuh, maka hendaklah diambil dan dibersihkan dari penyakit (kotoran), kemudian dimakan serta tak meninggalkannya untuk setan.” Beliau memerintahkan untuk menghabiskan sisa makanan. Beliau bersabda, “Sesungguhnya sobat semua tak tahu dari sisi makanan mana yang memiliki kandungan berkah.”
Efek Buruk Jika Makan Atau Minum Sambil Berdiri dan Makanan yang Masih Panas
Jangan dijadikan alasan apabila anda makan sambil terburu-buru sesampai kemudian makanan yang masih panas anda makan sambil berdiri atau malah sambil berjalan.
Jika anda melakukan hal seperti ini malah berakibat buruk bagi tubuh.
1. Pencernaan Terganggu dan Kinerja Menurun
Makan sambil berdiri menyebabkan jatuhnya makanan kedalam lambung lebih cepat dan tiba tiba. Kondisi ini mengakibatkan dinding lambung menderita luka dan iritasi.
2. Gangguan Pada Lambung
Sudah pasti anda mengetahuinya apabila lambung menjadi organ pencernaan yang sangat peting, Nah apabila anda ingin terhindar dari bermacam macam penyakit yang menyerang lambung.
Sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut, semoga bermanfaat. Aamiin.
Sumber:Wajibbaca

Sumber artikel ini dari kisah viral
Penyakit Datang Dari Apa yang Kita Makan, Agar Sehat Ikuti 7+ Adab Makan Rasulullah
4/ 5
Oleh