Renponsif 3

Thursday, January 4, 2018

Apakah Benar Minum Soda Bisa Memperlancar Haid? Ternyata Begini Jawabannya


Pernahkah mendengar mitos bahwa meminum soda saat datang bulan akan memperlancar periode menstruasi? Tak sedikit yang mempercayai hal ini.
Faktanya, konsumsi minuman bersoda tak dianjurkan saat lagi haid atau menstruasi. Menstruasi normal terjadi dengan siklus 21-35 hari, durasinya 3-7 hari, dan volume darah sekitar 30-40 ml. Di luar kondisi itu barulah dikatakan siklus haid tak lancar.
Meskipun begitu perlu diingat bahwa konsumsi soda berlebihan telah lama terbukti berdampak buruk bagi tubuh. Yang paling kerap digembar-gemborkan merupakan menyebabkan peningkatan kadar gula sesampai kemudian orang yang mengonsumsinya berisiko terkena diabetes dan penambahan berat badan.
Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalam minuman soda merupakan penyebab utama. Kedua kandungan tersebut dapat memperburuk gejala haid atau menstruasi. Kafein dapat mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus). Hal ini akan memperberat keluhan kram perut saat haid.
Sementara itu kafein diketahui dapat memicu kecemasan, depresi, dan nyeri payudara saat haid. Bahan-bahan yang terkandung pada minuman soda dapat memengaruhi kontraksi uterus dan mekanisme hemostatik.
Konsumsi soda berlebihan juga dapat mempercepat proses penuaan, menambah risiko osteoporosis, meningkatkan bahaya erosi gigi, risiko masalah kardiovaskular, risiko asma dan penyakit paru obstruktif kronik (kondisi paru-paru yang tak dapat disembuhkan), risiko pre-eklampsia pada ibu hamil, risiko kanker pankreas, sampai kemudian menambah agresivitas pada remaja yang meminumnya.
Durasi dan volume haid apabila mengonsumsi minuman soda memang bertambah, namun bukan berarti haid menjadi lancar atau merupakan hal yang dianjurkan.
Minuman soda juga terbuat dari air, gula, dan bahan-bahan kimia seperti pewarna, perasa, pemanis, dan pengawet. Oleh sebab itu, minuman soda tak boleh dikonsumsi berlebihan sebab dapat menyebabkan bermacam masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, dan lainnya.
Minuman soda sebaiknya dihindari saat haid atau menstruasi. Agar haid berlangsung lancar, sebaiknya cukup istirahat, berolahraga seperti jalan kaki dan joging, menghindari stres, mengonsumsi makanan sayur dan daging merah yang kaya zat besi.
Nah sobat itulah ulasan tentang mitos soda yang memperlancar datang bulan. Semoga bermanfaat ya.
Sumber: Ummi-online


Sumber artikel ini dari kisah viral
Apakah Benar Minum Soda Bisa Memperlancar Haid? Ternyata Begini Jawabannya
4/ 5
Oleh