Renponsif 3

Tuesday, December 11, 2018

Tanaman Terlangka Di Indonesia Dan Habitatnya

Tahukah kau apa saja tanaman terlangka di Indonesia ?. Indonesia merupakan negara besar yang terdapat kekayaan alam melimpah, baik itu tumbuhan atau hewannya. Diantara tumbuhan yang ada di Indonesia, ada sedikit tumbuhan terlangka di Indonesia, apa saja itu, baca penterangannya berikut ini:

 Indonesia merupakan negara besar yang terdapat kekayaan alam melimpah Tanaman Terlangka di Indonesia dan Habitatnya

Contoh Tanaman Terlangka di Indonesia

1. Bayur

Tanaman bayur biasanya dipakai sebagai materi pembuatan bangunan dan furnitur dan sanggup tumbuh hingga kemudian 59 mater. Diameter pohon ini lebih kurang 54cm dan pohon ini sanggup ditemukan juga di daerah kerikil gamping, daerah yang berada pada ketinggian 600m diatas permukaan maritim atau pegunungan. Tanaman ini tersebar diantaranya didaerah Serawak, Kalimantan Timur, Sabah dan India.

2. Batu Sulam

Pohon ini merupakan jenis pohon yang tingginya sanggup mencapai 45m dengan diameter sekitar 45cm. Pohon ini kaya ditemukan di daerah dengan ketinggian 1000 mdpl atau daerah rawa gambut. Tanaman ini tersebar diantaranya didaerah Sumatera, Kalimantan Timur dan Malaysia.

3. Raflesia Arnoldi

Tanaman ini populer dengan baunya yang busuk sesampai kemudian diberinama bunga bangkai. Ciri khas dari tumbuhan ini merupakan baunya, amis ini berfungsi sebagai penarik lalat sesampai kemudian akan mendekat dan sanggup membantu proses penyerbukan.

Bunga ini tergolong tumbuhan benalu yang membutuhkan inang untuk hidup dan berkembang. Jumlah bunga ini sudah menurun tajam alasannya ulah insan yang selalu membuka lahan hutam sebagai daerah pemukiman, pertanian atau perkebunan tanpa memikirkan keberlangsungan tumbuhan langka menyerupai bunga bangkai ini.

4. Damar

Tanaman yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, tumbuhan ini memiliki tinggi 60m dan diameter hingga kemudian 2m. Pohon ini tersebar di daerah Papua dan Nusa Tenggara yang memiliki kaya jenis. Jenis pohon ini tergantung wilayahnya dan memiliki karakteristik yang berbeda pada tiap daerah.

5. Edelweis

Edelweis atau senduro atau lebih dikenal dengan bunga kekal ini memang tak gampang layu walau sehabis kita petik. Bunganya berwarna putih kuning atau putih coklat. Edelweis sanggup tumbuh hingga kemudian 8m dengan batang sanggup mencapai ukuran kaki manusia. Edelweis sanggup ditemukan di pegunungan, Lombok, Jawa, Sulawesi Selatan dam Sumatera Selatan.

6. Kantong Semar

Tanaman ini merupakan tumbuhan karnivora. Kantong pemangsa akan tertutup dikala mangsa sudah masuk dalam jebakan dan akan menyerap nutrisi mangsa tersebut. Tujuannya menutup kantong yaitu untuk menghindari binatang lain memakan mangsa atau serangga yangs udah ia tangkap dan akan membuat proses pencernaannya berjalan dengan baik. Banyak juga yang percaya bahwa kantong semar memiliki manfaat kesehatan yang sanggup menjaga badan biar tetap bugar dan untuk diabetes.

7. Tengkawang

Pohon ini merupakan jenis pohon yang buahnya menghasilkan minyak nabati, pohon ini memiliki belasan jenis dan 13 spesies tumbuhan tengkawang termasuk dalam tumbuhan yang dilindungi. Pohon ini berasal dari genus shorea dan menjadi maskot dari daerah Kalimantan Barat.

8. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga ini menyerupai dengan raflesia arnoldi, bunga ini juga memiliki amis yang busuk yang mengundang lalat untuk tiba dan membantunya dalam penyerbukan.

9. Cendana

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang menghasilkan minyak wangi dan kayu yang bagus. kayu dari pohon ini bermanfaat sebagai aromaterapi, sebagai materi pembuatdupa, adonan parfum dan rempah. Tanaman ini berasal dari tumbuhan benalu alasannya tumbuhan ini tak sanggup tumbuh sendiri disebabkanoelh akarnya yang tak bisa untuk menopang tubuhnya. Kayunya sudah susah untuk kita temui sebabnya harga kayu ini sangat tinggi. Minyak dari tumbuhan ini akan memperlihatkan pengaruh relaksasi sesampai kemudian sanggup mengurangi kecemasan.

10. Jelutung

Tumbuhan ini sanggup ditemui di daerah Kalimantan, Sumatera, Malaysia, Thailand Selatan. Tinggi pohon ini sanggup mencapai 60m dan diameter pohon mencapai 2m. Habitat pohon ini dihutan dengan karakteristik tanah berpasir dan bukit yang tingginya kira-kira 400m. Kayu pohon ini kaya dimanfaatkan sebagai materi untuk membuat perabot rumah tangga dan getahnya sanggup dipakai sebagai materi untuk membuat permen karet.

Pohon/tumbuhan lainnya yang termasuk langka ialah:

11. Sarang Semut
12. Purwaceng
13. Daun Sang
14. Anggrek Tebu
15. Akar Karak
16. Kokoleceran
17. Korma Rawa
18. Anggrek Hitam
19. Anggrek Larat
20. Bertan
21. Palem Merah
22. Anggrek Hartinah
23. Tembesu
24. Balam Suntai
25. Mimba
26. Kecapi
27. Ulin
28. Gaharu
29. Anggrek Pensil
30. Meranti
31. Pakis Ekor Monyet
32. Enau

Demikianlah pembahasan perihal pola tanaman terlangka di Indonesia kompleks dengan habitatnya. Semoga bermanfaat.
Dirangkum dari buku pelajaran sma, smp
Tanaman Terlangka Di Indonesia Dan Habitatnya
4/ 5
Oleh