Renponsif 3

Sunday, December 24, 2017

Anak Anda Sulit Duduk Diam, Ternyata Ini Pemicunya

Saat menghadapi anak-anak terutama usia balita, kita cukup dipusingkan sebab mereka sangat lincah dan aktif. Anak-anak selalu berlarian seakan tak ada lelahnya.
Sementara orangtua atau orang dewasa kerapkali menyuruh anak-anak untuk duduk diam dan tenang. Larangan dan peringatan pun kerap dilontarkan seperti ” tak boleh memanjat” , ” tak boleh lari kencang nanti jatuh” , ” adik belum dapat” .
Sebenarnya aktivitas fisik yang intensif, bahkan ‘menyerempet’ bahaya sangat dibutuhkan si kecil. Sebagaimana memanjat pohon, berlarian dengan kencang, melompat dari tempat tinggi dan sebagainya.
Untuk itu penting bagi anak untuk bermain di luar rumah secara rutin, terutama di taman dengan kaya pepohonan. Hal ini untuk mengembangkan sistem proprioception dan vestibularnya.
Proprioception dalam psikologi merupakan kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya. Kemampuan inilah yang menciptakan seseorang menyetir dan dengan cepat beralih dari pedal gas ke rem tanpa melihat ke kaki. Atau memasukan popcorn ke mulut tanpa perlu melihatnya.
Tanpa perkembangan proprioception yang baik, anak-anak akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu juga sistem vestibular, yang membantu anak memahami keseimbangan dan terhubungnya semua panca indera.
Ketika sistem vestibular tak berkembang dengan baik, semua indera lainnya akan berjuang untuk berfungsi dengan baik. Tanpa sistem vestibular yang kuat, anak-anak tak akan punya pilihan selain gelisah, frustrasi, kerap jatuh, mengamuk, sulit fokus.
Inilah penyebab anak-anak sangat sulit untuk diam. Kondisi tubuhnya lagi melatih dan membentuk dua sistem tersebut. Mereka memang sangat membutuhkan aktivitas fisik yang mumpuni.
Ada sedikit permainan seru untuk merang*sang perkembangan sistem vestibular dan proprioception pada anak. Antara lain menggelantung di monkey bar, lompat tali, berputar membentuk lingkaran, memanjat, berenang, lompat di trampolin, bermain playdough dan bermain pelukan.
Nah bunda itulah penterangan seputar penyebab sang anak tak dapat diam. Semoga bermanfaat.
Sumber:Dream.co.id


Sumber artikel ini dari kisah viral
Anak Anda Sulit Duduk Diam, Ternyata Ini Pemicunya
4/ 5
Oleh