Renponsif 3

Saturday, January 13, 2018

Ini 11+ Buah Penurun Darah Tinggi yang Simple Ditemukan di Sekitar Kita

Buah penurun darah tinggi dapat menjadi solusi bagi penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi medis yang menunjukkan terus meningkatnya tekanan darah di dalam areteri.
Biasanya, tekanan darah tinggi tak memperlihatkan gejala apapun. Tekanan darah inggi berkepanjangan dapat berisiko pada sejumlah penyakit serius seperti sroke, jantung, ginjal, dan lain sebagainya.
Sebelum membahas macam-macam buah penurun darah tinggi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu tekanan darah.
Ketika jantung anda berdetak, maka darah akan dipompa dan disebar untuk memberikan energy dan tentunya oksigen yang dibutuhkan tubuh. Kekuatan untuk memompa darah itulah apa yang dimaksud dengan tekanan darah.
Jika tekanan darah anda terlalu tinggi, itu menunjukkan sebuah kerja ekstra tinggi di dalam arteri. Hal tersebut berisiko menciptakan anda terserang stroke atau serangan jantung. Oleh sebab itu, tekanan darah mesti dijaga dalam hitungan ideal. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.
Lantas, bagaimana anda dapat mengetahui bahwa tekanan darah anda tinggi atau tak. Tekanan darah tinggi sendiri disebut dengan hipertensi.
Memeiliki tekanan darah tinggi biasanya tak memberi tanda-tanda perasaan atau kondisi apapun pada diri anda. Sederhananya, secara umum, tekanan darah tinggi tak menunjukkan gejala apapun.
Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah anda tinggi atau tak merupakan denga cara enghitungnya. Tekanan darah dihitung dengan ukurang millimeter merkuri (mmHg) dan ditulis di dalam 2 nomor. Contohnya, 120/80 mmHg.
Setiap tekanan darah dibaca dengan dua nomor baru saja. Nomor-nomor tersebut disebut dengan top nomor dan sebaliknya. Nomor pertama, top nomor (misal, nomor 120 dari contoh di atas) disebut dengan tekanan sistolik.
Ini merupakan nomor tekanan darah tertinggi yang dicapai oleh detak jantung. Hitungan ini menunjuukkan saat jantung berkontraksi. Kemudian yang kedua merupakan tekanan diastolic (nomor 80 dari contoh di atas). Ini merupakan hitungan terendah dari detak jantung anda. terjadi saat jantung berelaksasi.
Perlu dipahami, meski anda tak mempunyai tekanan darah tinggi saat ini, penting untuk menjaga tekanan darah anda tetap pada hitungan ideal, serendah cukup.
Semakin tinggi tekanan darah anda, semakin tinggi pula anda terkena risiko masalah-masalah medis serius lainnya seperti, stroke, serangan jantung, kebutaan, sampai kemudian masalah ginjal.
Lantas, mari kita mulai pembahasan macam-macam buah penurun darah tinggi.
Ini 11 Daftar Buah Penurun Darah Tinggi
1. Melon
Melon merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) memiliki kandungan 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.
2. Semangka
Semangka merupakan salah satu buah yang mudah sekali didapat sebab memang kaya di Indonesia, kaya juga yang mengonsumsinya terutama ketika tahu manfaatnya. Tahukah Anda bahwa buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebab kandungan L-citrulline.
Zat ini akan membantu memebuat rileks pembuluh darah, sesampai kemudian buah semangka dapat menjadi penurun darah tinggi.
3. Alpukat
Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain memiliki kandungan mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.
4. Buah kiwi
Satu buah kiwi berukuran lagi menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, namun dapat dengan mudah kita temui di supermarket.
Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih kaya kandungan vitamin C nya daripada jeruk.
5. Pisang
Satu buah pisang ukuran lagi menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah.
Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang terdapat riwayat keluarga stroke.
6. Jeruk
Aneka macam jeruk merupakan buah-buahan yang terkenal sebab kandungan vitamin C, artinya ini merupakan makanan tinggi nutrisi dan rendah kalori.
Dengan kandungan kalium sekaya 326 mg dan tak memiliki kandungan natrium, maka ini merupakan salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.
7. Buah Anggur
Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid yang ada dalam anggur tak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tenamun juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Anggur sekaya 123 g memiliki kandungan 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.
8. Aprikot
Aprikot merupakan sumber kalium dan vitamin A yang sangat baik. Dalam satu cangkir aprikot kering (119 g) memiliki kandungan 2.202 mg kalium, cukup ini merupakan salah satu jenis makanan terbaik yang kaya akan kalium. Buah ini hanya sedikit megandung natrium, lemak jenuh dan kolesterol.
9. Jambu Biji
Jika Anda ingin meniru hasil studi klinis yang dilakukan di India, maka Anda harus makan jambu sebelum makan siang atau makan malam. Buah jambu ini terdapat kadar kalium yang tinggi, kaya serat alami.
Dengan demikian, buah jambu dapat menurunkan darah tinggi dan membantu melancarkan pencernaan sesampai kemudian membatu juga dalam upaya meurunkan berat badan.
10. Buah Tomat
Menurunkan tekanan darah merupakan salah satu dari sekian kaya manfaat mengonsumsi buah tomat. Tomat yang kaya akan lycopene, diketahuo membantui dapat membantu dalam membantu mencegah diabetes, penuaan dini, dan termasuk menurunkan hipertensi.
Dalam penyajiannya, akan lebih baik dimakan tanpa kaya pemrosesan, dan tak dengan bahan-bahan lain seperti keju dan daging berlemak seperti pada pizza.
11. Blueberry
Blueberry memiliki kandungan kaya antioksidan di dalamnya, seperti halnya raspberry, dan ini terdapat dampak langsung pada tekanan darah, dengan cara mengalahkan radikal bebas dalam tubuh.
Pertibangkan untuk makan semangkuk blueberry segar dicampur dengan buah-buahan lainnya sebagai sarapan yang menyegarkan. Hanya lakukan yang terbaik dalam mengonsumsinya, yaitu tanpa menambahkan gula, atau dengan pencampuran bahan-bahan lainnya.
Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga harus menghindari makanan pantangan darah tinggi sesampai kemudian hipertensi dapat terkontrol dan meminimalisir komplikasi, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan lain-lain.
Demikianlah, Semoga informasi ini dapat bermanfaat
sumber : wajibbaca.com


Sumber artikel ini dari kisah viral
Ini 11+ Buah Penurun Darah Tinggi yang Simple Ditemukan di Sekitar Kita
4/ 5
Oleh